Pengembangan Dan Pengujian Model Pengukuran Konstrak Orientasi Stakeholder Pada PDAM Di Jawa Barat
Categorie(s):
Management, Bisnis
Author(s):
Supriyadi
Keyword(s):
Orientasi Stakeholder, Partial least Square, Confirmatory Factor
Analysis
DOI:
-
Abstract :
Konsep manajemen berorientasi stakeholder semakin penting untuk
dikembangkan. Hal ini karena perubahan lingkungan organisasi terjadi begitu
cepat pada berbagai aspek. Namun demikian, hingga saat ini belum banyak
literatur dan penelitian yang membahas konstrak orientasi stakeholder, terutama
yang secara khusus mengembangkan dan mengungkap lebih jauh dimensi dan
indikator-indikator untuk mengukur konstrak tersebut. Beranjak dari kondisi
tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dimensi dan indikator
konstrak orientasi stakeholder serta mengembangkan model pengukurannya.
Pendekatan yang dilakukan adalah confirmatory faktor analysis dengan
menggunakan Partial Least square (PLS) sebagai alat analisisnya. Unit analisis
penelitian ini organisasi yakni Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Jawa
Barat dengan populasi sebanyak 22 perusahaan. Responden penelitian adalah
pimpinan PDAM dengan jabatan manajer. Data dikumpulkan dengan
menggunakan kuesioner yang disusun menggunakan model semantic defferential.
Hasil pengujian secara empiris pada unit analisis Perusahaan Daerah Air
Minum (PDAM) di Jawa Barat, yang dilakukan dengan pendekatan confirmatory
factor analysis dengan Partial Least square (PLS) memperlihatkan bahwa
konstrak Orientasi Stakeholder mempunyai mempunyai tujuh variabel manifest
yakni Orientasi Pelanggan, Orientasi Karyawan, Orientasi Pemilik Modal &
Pemerintah, Orientasi Pemasok, Orientasi Sosial Masyarakat dan Lingkungan,
Orientasi Media dan Orientasi Organisasi Non Pemerintah/LSM.
ISSN:
1693-4474
eISSN:
-
Description:
Jurnal Management dan Bisnis