Pengembangan Dan Pengujian Model Pengukuran Konstrak Orientasi Stakeholder Pada PDAM Di Jawa Barat

Categorie(s):
   Management, Bisnis
Author(s):
   Supriyadi
Keyword(s):
  Orientasi Stakeholder, Partial least Square, Confirmatory Factor Analysis
DOI:
  -
Abstract :
  
Konsep manajemen berorientasi stakeholder semakin penting untuk dikembangkan. Hal ini karena perubahan lingkungan organisasi terjadi begitu cepat pada berbagai aspek. Namun demikian, hingga saat ini belum banyak literatur dan penelitian yang membahas konstrak orientasi stakeholder, terutama yang secara khusus mengembangkan dan mengungkap lebih jauh dimensi dan indikator-indikator untuk mengukur konstrak tersebut. Beranjak dari kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dimensi dan indikator konstrak orientasi stakeholder serta mengembangkan model pengukurannya. Pendekatan yang dilakukan adalah confirmatory faktor analysis dengan menggunakan Partial Least square (PLS) sebagai alat analisisnya. Unit analisis penelitian ini organisasi yakni Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Jawa Barat dengan populasi sebanyak 22 perusahaan. Responden penelitian adalah pimpinan PDAM dengan jabatan manajer. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disusun menggunakan model semantic defferential. Hasil pengujian secara empiris pada unit analisis Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Jawa Barat, yang dilakukan dengan pendekatan confirmatory factor analysis dengan Partial Least square (PLS) memperlihatkan bahwa konstrak Orientasi Stakeholder mempunyai mempunyai tujuh variabel manifest yakni Orientasi Pelanggan, Orientasi Karyawan, Orientasi Pemilik Modal & Pemerintah, Orientasi Pemasok, Orientasi Sosial Masyarakat dan Lingkungan, Orientasi Media dan Orientasi Organisasi Non Pemerintah/LSM.
 
ISSN:
  1693-4474
eISSN:
  -
Description:
  Jurnal Management dan Bisnis
https://karanganbungacilacap.com/https://17slotgacor.com/https://masakannusantara2024.blogspot.com/https://chord2024.com/