Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Peningkatan Kinerja Perusahaan : Suatu Tinjauan Literatur
Categorie(s):
Management, Bisnis
Author(s):
Yopines Ansen
Keyword(s):
Komunikasi, Organisasi, Kinerja
DOI:
Abstract :
Era globalisasi, perusahaan dituntut dapat melayani pelanggan secara
baik, agar mereka terpuaskan atas pelayanan perusahaan. Kondisi ini pada
akhirnya akan memberikan keuntungan atau profit kepada perusahaan secara
berkesinambungan. Adapun permasalahan yang dihadapi saat ini masih
lemahnya komunikasi baik yang bersifat internal maupun eksternal yang
dilakukan karyawan. Komunikasi internal meliputi komunikasi vertical,
horizontal dan diagonal, Sedangkan komunikasi ekternal yang berhubungan
dengan publik, di luar perusahaan.
Landasan teori yang digunakan dalam menganalisis permasalahan yang
timbul di perusahaan menggunakan pendekatan teori komunikasi organisasi dan
manajemen kinerja. Permasalahan pokok dalam pembahasan ini meliputi
berbagai hambatan yang bersifat komunikasi organisasional, antar pribadi, diri
pribadi dan teknologis
Berdasarkan hasil analisis pembahasan terhada permasalahan yang ada
dapat disimpulkan sebagai berikut ; (a) komunikasi berperan penting dalam
peningkatan kinerja perusahaan, (b) system komunikasi dievaluasi secara
berkala, (c) penyampaian informasi harus tepat sasaran, (d) pendekatan “human
relation’ dalam penyampaian informasi, (e) perlu pembinaan secara periodik
kepada karyawan. Adapun saran-saran dalam upaya perbaikan yang
menyangkut hubungannya dengan masalah komunikasi sebagai berikut : (a)
memotong mata rantai birokrasi, (b) pengelompokan kegiatan kerja yang sama
atau sejenis, (c) melakukan pendekatan human relation kepada karyawan, (d)
dilakukan kordinasi dalam setiap kegiatan kerja, (e) pembentukan team khusus
dalam penyampaian informasi satu pintu, (f) melakukan pendekatan pribadi
kepada karyawan, (g) “kata-kata’ yang digunakan dalam informasi harus standar
tata bahasa.
ISSN:
1693-4474
eISSN:
-
Description:
Jurnal Management dan Bisnis