Implementasi Memorable Tourism Experience Scale Pada Wisatawan yang Berkunjung Ke Objek Wisata Kota Padang
Categorie(s):
Manajemen, Bisnis
Author(s):
Afifah, Yosi Suryani, Ranti Komala Dewi
Keyword(s):
Memorable Tourism Experience, Kuantitatif, Wisata Kota Padang
DOI:
-
Abstract :
Tujuan_Artikel ini bertujuan untuk menggali lebih dalam bagaimana
pengalaman wisatawan berkunjung ke objek wisata di Kota Padang.
Desain/Metode_Persepsi wisatawan tersebut digali menggunakan indicatorindikator
yang terdapat Memorable Tourism Experience Scale. Persepsi
wisatawan dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner pada wisatawan
yang menjadi sampel. Tehnik sampling yang digunakan adalah purposive
sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 213 orang. Data yang diperoleh
dianalisis dengan analisis faktor.
Temuan_Hasilnya diketahui terdapat lima faktor yang menjadi ingatan
wisatwan ketika berkunjung ke Kota Padang yakni: Kepuasan Utama, Positif
Feeling, Social Experience, Involvement dan Refresment. Diantara lima faktor
tersebut yang menjadi ingatan dominan adalah Kepuasan Utama (Main
Satisfaction)
Implikasi_Temuan ini dapat menjadi pertimbangan dalam menyusun kegiatan
promosi objek wisata Kota Padang
Originalitas_Originalitas dari pembahasan artikel ini adalah teknik analisis
yang dilakukan secara kuantitatif
Tipe Penelitian_Penelitian ini tergolong pada penelitian empiris
ISSN:
1693-4482
eISSN:
-
Description:
Jurnal Management & Bisnis