Penggunaan Quality Function Deployment (QFD) Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Mahasiswa Politeknik Sukabumi

Categorie(s):
   Manajemen, Bisnis
Author(s):
   Rudi Afriyadi
Keyword(s):
  Quality Function Deployment (QFD), kualitas pelayanan, customer requirement, technical requirement, positioning, house of quality (HoQ)
DOI:
  -
Abstract :
  
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hal-hal yang berhubungan dengan fenomena fluktuasi mahasiswa Politeknik Sukabumi dalam kurun waktu 2002 – 2012 sesuai data yang penulis dapatkan dari BAAK Politeknik Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling dari populasi mahasiswa pada setiap program studi di setiap angkatan. Selain responden mahasiswa Politeknik Sukabumi juga mengambil sampel responden dari dua perguruan tinggi swasta lainnya di Kota Sukabumi yang digunakan sebagai bahan perbandingan (benchmarking) untuk menentukan positioning Politeknik Sukabumi dibandingkan dengan dua perguruan tinggi lainnya tadi. Hasil pengumpulan data digunakan dan diproses menggunakan metode Servqual dan Quality Function Deployment (QFD) untuk mendapatkan customer requirement, technical requirement, positioning dan house of quality (HoQ) Politeknik Sukabumi. Hasil dari penelitian ini adalah berupa langkah-langkah yang harus dilakukan sesuai urutan prioritas perbaikan untuk meningkatkan layanan pendidikan agar tercapai kepuasan konsumen. Tiga prioritas utama yaitu: peningkatan fasilitas berupa penambahan sarana dan kapasitas fasilitas yang ada; pengarahan kepada para dosen dan karyawan akan pentingnya pelayanan yang baik; dan adanya petugas keamanan yang secara berkala memeriksa keamanan seluruh kampus.
 
ISSN:
  1693-4474
eISSN:
  -
Description:
  Jurnal Manajemen & bisnis
https://karanganbungacilacap.com/