Keterkaitan Lokasi dan Kualitas Layanan dengan Loyalitas Pelanggan

Categorie(s):
   Manajemen, Bisnis
Author(s):
   Eka Purwanda, Aldy Hernawan
Keyword(s):
  Kualitas Pelayanan, Lokasi, Loyalitas Pelanggan
DOI:
  -
Abstract :
  
Penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, lokasi loyalitas pelanggan (survei konsumen Alfamart, Indomart, Yomart dan Circle K di Bandung). Latar belakang penelitian ini adalah loyalitas pelanggan rendah Alfamart, Indomart, Yomart dan Circle K di Bandung. Menurut Zeithmal dan Bitner (Rombe, 2009: 42) kualitas pelayanan sebagai penyampaian layanan unggulan atau superior relatif terhadap ekspektasi konsumen. Heizer dan Render (2009: 486) menjelaskan bahwa tujuan dari strategi lokasi adalah memaksimalkan keuntungan lokasi bagi perusahaan. Dan menurut Griffin (2005: 4) loyalitas didefinisikan sebagai pembelian non acak yang diekspresikan dari waktu ke waktu oleh beberapa unit pengambil keputusan. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian ini adalah 160 responden pelanggan minimarket, termasuk 50 pelanggan Alfamart dan Indomart, serta Yomart dan Circle K masing-masing sebanyak 30 responden. Penelitian ini bersifat deskriptif dan asosiatif. Dengan teknik drawal dari teknik sample yang dilakukan adalah incidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pengaruh yang lebih dominan terhadap loyalitas pelanggan pada setiap Alfamart, Indomart, Yomart, dan Circle K dibandingkan dengan lokasi. Sedangkan secara keseluruhan, kualitas pelayanan dan lokasi pengaruhnya sama pada pelanggan Alfamart, Indomart, Yomart dan Circle K di Bandung.
 
ISSN:
  1693-4474
eISSN:
  -
Description:
  Jurnal Manajemen & Bisnis
https://karanganbungacilacap.com/https://17slotgacor.com/https://masakannusantara2024.blogspot.com/https://chord2024.com/