Corporate Social Responsibility : Respon Publik dan dampaknya Pada Corporate Image
Categorie(s):
Akutansi,Bisnis
Author(s):
Leli Nirmalasari,Saeful Ulum
Keyword(s):
Corporate Social responsibilities, Corporate Image.
DOI:
Abstract :
Corporate Social Responsibility (CSR) seringkali diinterpretasikan
sebagai pengkaitan antara pengambilan keputusan dengan nilai-nilai etika,
pemenuhan kaidah-kaidah hukum serta menghargai martabat manusia,
masyarakat dan lingkungan. Banyak perusahaan telah menjalankan Program
CSR. Namun tanggan masyarakat terhadap program tersebut belum dapat
diketahui. Penelitian ini merupakan studi kasus pada program CSR PT PLN
cabang Bandung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana
tanggapan publik terhadap Program CSR serta menganalisis dampaknya
terhadap corporate image.
Responden penelitian adalah Tokoh masyarakat dimana Program CSR
tersebut dilaksanakan. Data dikumpulkan dengan kuesioner, dengan sampel
sebanyak 60 orang. Interpretasi data adalah secara deskriptif dan verifikatif.
Interpretasi verifikatif dialkukan dengan analisis mu;ltiple regression.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggapan masyarakat terhadap
program CSR bidang lingkungan, kesehatan, pendidikan dan ekonomi produktif
adalah kurang optimal. Secara simultan program CSR berpengaruh signifikan
terhadap corporate image. Secara parsial, CSR bidang lingkungan dan kesehatan
berpengaruh positif signifikan. Sedangkan CSR bidang pendidikan dan ekonomi
produktif berpengaruh tidak signifikan terhadap corporate image.
ISSN:
1693-4482
eISSN:
-
Description:
Akuntansi dan Bisnis