Bauran Promosi Dan Minat Menjadi Nasabah : Studi Pada Nasabah PD BPR Kota Bandung
Categorie(s):
Akutansi,Bisnis
Author(s):
Budi Djatmiko
Keyword(s):
Periklanan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat,
Penjualan Langsung, Penjualan Tatap Muka Dan Minat. Menjadi
Nasabah
DOI:
Abstract :
Penelitian ini menganalisis pengaruh bauran promosi yang terdiri dari
Periklanan, Promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan langsung dan
penjualan Tatap Muka terhadap minat menjadi nasabah pada PD. BPR Kota
Bandung. Penelitian ini dilandasi oleh teori Kotler (2003:564) manyatakan
bahwa Bauran promosi yang merupakan marketing tools terdiri dari :
periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), hubungan
masyarakat (public relation), penjualan tatap muka (personal selling),
pemasaran langsung (direct marketing). Keberhasilan dalam berpromosi yang
dijalankan oleh perusahaan tergantung pada tingkat respons yang diperoleh
dari konsumen.
Penelitian ini merupakan pendekatan survey. Metode yang digunakan
adalah deskriptif verifikatif. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah
iterasi. Subjek penelitian adalah PD. BPR Kota Bandung. Yang menjadi
responden dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Bandung sebanyak 116
orang. Sedangkan alat analisis yang digunakan yaitu analisis jalur (path
analisys) dengan menggunakan program lisrel 8.30.
Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bauran promosi yang terdiri
dari Periklanan, Promosi penjualan, hubungan masyarakat penjualan langsung
dan penjualan Tatap Muka berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat
menjadi nasabah pada PD. BPR Kota Bandung, baik secara simultan maupun
secara parsial.
ISSN:
1693-4482
eISSN:
-
Description:
Akuntansi dan Bisnis