Supriyadi, Winda Melanat
Categorie(s):
Manajemen dan Bisnis
Author(s):
Supriyadi, Winda Melanat
Keyword(s):
Manajemen dan Bisnis
DOI:
Abstract :
PT
Shafira
Laras Persada
merupakan salah satu
pemegang
merek busana
muslim di Indonesia. Pihak manajemen membuat banyak program untuk
mempertahankan pelanggannya, melalui CRM.
Penelitian ini menganalisis
pengaruh CRM terhadap loyalitas pelanggan baik secara simultan maupun
parsial pada PT. Shafira Laras Persada.
Penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan metode
survey. Penentuan sampel data menggunakan metode
sampling insidental.
Unit
analisisnya
adalah pelanggan yang telah melakukan pembelian minimal dua kali.
Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 150 orang. Sedangkan alat analisis
yang digunakan yaitu
multiple regression
.
Dari hasil analisis diperoleh ke
simpulan bahwa secara simultan customer
relationship management berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan sebesar 49,7%. Sementara itu secara parsial sub variabel dari
customer relationship management yakni financial bonds dan social
Bonds
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 57,7%
dan 24,2%, sedangkan customization bonds berpengaruh positif namun tidak
signifikan.
ISSN:
1693-4474
eISSN:
-
Description:
Jurnal Manajemen dan Bisnis