Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah BRI Unit Sudirman - Bandung)

Categorie(s):
   Management, Bisnis
Author(s):
   Budi Djatmiko
Keyword(s):
  Financial Bonds, Social Bond, Customization Bond, Loyalitas.
DOI:
  -
Abstract :
  
Customer Relationship Marketing (CRM) sudah menjadi sebuah praktek yang umu dilakukan oleh berbagai organisasi bisnis termasuk perbankan. tujuannya adalah untuk mempertahankan pelanggan atau menjaga loyalitas pelanggan. penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh CRM terhadap loyalitas nasabah penabung pada Bank BRI Unit Sudirman Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis verifikatif. Dengan sampel nasabah penabung Simpedes dan Britama sebanyak 120 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan multiple regression. Dimensi CRM yang diteliti adalah Financial Bond, Social Bond, dan Customization Bonds. Hasil penelitian memperlihatkan baik secara simultan maupun secara parsial, CRM yang terdiri atas Financial Bond, Social Bond, dan Customization Bonds berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil ini memberikan rekomendasi kepada BRI untuk memperkuat CRM agar loyalitas nasabah dapat dipertahankan.
 
ISSN:
  1693-4474
eISSN:
  -
Description:
  Jurnal Management dan Bisnis
https://karanganbungacilacap.com/https://17slotgacor.com/https://masakannusantara2024.blogspot.com/https://chord2024.com/