Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Nasabah BRI Unit Sudirman - Bandung)
Categorie(s):
Management, Bisnis
Author(s):
Budi Djatmiko
Keyword(s):
Financial Bonds, Social Bond, Customization Bond, Loyalitas.
DOI:
-
Abstract :
Customer Relationship Marketing (CRM) sudah menjadi sebuah praktek
yang umu dilakukan oleh berbagai organisasi bisnis termasuk perbankan.
tujuannya adalah untuk mempertahankan pelanggan atau menjaga loyalitas
pelanggan. penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh CRM terhadap
loyalitas nasabah penabung pada Bank BRI Unit Sudirman Bandung.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis verifikatif. Dengan
sampel nasabah penabung Simpedes dan Britama sebanyak 120 orang. Data yang
digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Data
dianalisis dengan menggunakan multiple regression. Dimensi CRM yang diteliti
adalah Financial Bond, Social Bond, dan Customization Bonds.
Hasil penelitian memperlihatkan baik secara simultan maupun secara
parsial, CRM yang terdiri atas Financial Bond, Social Bond, dan Customization
Bonds berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil ini memberikan
rekomendasi kepada BRI untuk memperkuat CRM agar loyalitas nasabah dapat
dipertahankan.
ISSN:
1693-4474
eISSN:
-
Description:
Jurnal Management dan Bisnis